Dr. Johnny Sidhajatra Suwono (1938 - 2008)

Lahir di Surabaya tanggal 26 Juli 1938. Dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 1967 ini, sudah lama dikenal sebagai dokter yang memberi jamu asli Indonesia kepada pasien-pasiennya. Perkenalannya dengan tumbuhan asli Indonesia sebenarnya dimulai sejak tahun 1975, ketika ia sendiri terkena batu ginjal. Pada waktu itu untuk batu ginjal, jalan keluarnya adalah melalu operasi. Walaupun seorang dokter, tetap saja ia merasa tidak nyaman dihadapkan pada pilihan pisau operasi, seperti orang-orang awam lainnya. Karenanya ia mencoba satu resep ramuan yang ditawarkan oleh kerabatnya yang ahli tumbuh-tumbuhan, untuk mengobati batu ginjal yang dideritanya. Ternyata, tidak disangka-sangka penyakitnya sembuh total setelah mengkonsumsi jamu godokan daun alpukat, keji beling dan kumis kucing selama 1 bulan.

 

Sejak itu, Dr Johnny mulai serius mempelajari tumbuhan asli Indonesia yang berkhasiat obat, dan mulai menerapkannya kepada pasien-pasiennya. Pada waktu itu, sebagai dokter bagian THT di RS Fatmawati, banyak dari anak-anak berpenyakit amandel yang seharusnya dioperasi, bisa disembuhkan dengan jamu hasil ramuannya. Di saat itu, sekitar tahun 1970-1980an jamu masih dianggap sebagai barang kampungan, tetapi karena banyak pasien-pasiennya yang tertolong, maka Dokter Johnny merasa yakin bahwa herbal adalah yang terbaik untuk pasien-pasiennya, dan memutuskan untuk konsisten menggunakan herbal. Saat pengobatan alternatif dan tren “Back To Nature” mulai dilirik lagi oleh masyarakat belakangan ini, Dr Johnny beberapa kali muncul di majalah seperti Nirmala, Senior, Trubus sebagai nara sumber.

 

Dengan pengalamannya selama 30 tahun, boleh dibilang Dr Johnny merupakan salah satu pakar herbal senior sekaligus seorang dokter yang mengerti sekali tentang pengobatan herbal. Dengan menggabungkan 3 unsur yang terbaik yaitu pengobatan dari dunia kedokteran Barat, Timur dan Herbal Asli Indonesia, dokter Johnny selama 30 tahun memberikan herbal kepada pasien-pasiennya dengan berbagai macam keluhan penyakit dari yang relatif ringan seperti amandel, alergi, gondok, gangguan menstruasi, gangguan asam urat sampai penyakit-penyakit berat seperti kanker, ginjal, prostat, dan lain sebagainya.